Rabu, 09 Juli 2014

KOTA MALANG, JAWA TIMUR



Balai Kota Malang (Balkot)
Sudah saya katakan bahwa saya asli dan sampai sekarang masih tinggal di Kota Malang. Jadi, saya hanya akan menjelaskan tentang Kota Malang yang merupakan sebuah kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur dan hanya berjarak 90 km dari ibukota Jawa Timur. Kota Malang adalah kota terbesar kedua di Jawa Timur setelah Surabaya. 
Selain itu, Kota Malang juga dikenal sebagai kota pelajar dan itu benar-benar membuat saya kesulitan mencari teman di UMM yang sama orang Malangnya, karena banyaknya pelajar dari Indonesia yang ingin menempuh pendidikan di kampus putih ini. Tapi disitulah letak keunikannya, dengan begitu saya dapat mengerti kebudayaan teman-teman saya yang baru dan saling berbagi informasi. 

Tidak perlu banyak basa-basi lagi. Berikut Penjelasan yang beberapa saya ambil dari berbagai referensi di Internet tentang Budaya, Makanan, dan Ciri Khas Kota Malang.

BUDAYA
Malang Barat

Banyaknya budaya Kota Malang, membuat saya sedikit bingung cara menjelaskannya. Akan tetapi dari seluruh budaya yang ada saya sangat menyukai festival-festival tahunan yang ada di Kota Malang. 
Berikut, beberapa festival kota tahunan yang selalu diadakan tiap tahun :


FESTIVAL BUNGA

FESTIVAL LAMPION

     
    FESTIVAL MALANG TEMPOE DOELOE
  1.  Festival Tempoe Doeloe (Malang Kembali) : Diadakan untuk memperingati HUT Kota Malang, biasa digelar pada tanggal 21 Mei. Festival ini mengusung situasi kota pada masa lalu, mengubah jalan-jalan protokol menjadi museum hidup selama kurang lebih 1 minggu festival ini diadakan (tapi tahun ini hanya diadakan 1 hari saja >,<").
  2. Karnaval Bunga
  3. Karnaval Lampion : Biasa diadakan untuk merayakan hari imlek. (memamerkan berbagai macam hasil lampion dari para peserta karnaval.
Selain karnaval, di kota Malang juga terdapat tempat yang merupakan sarana apresiasi budaya Jawa Timur seperti Ludruk, Ketoprak, Wayang Orang, Wayang Kulit, Reog, Kuda Lumping, dan sendra tari. Wah banyak bukan? Tidak hanya itu saat ini bertambah kesenian baru yang semakin berkembang pesat di kota Malang yaitu kesenian "Bantengan". Kesenian bantengan merupakan kesenian yang telah lama dikenal oleh masuarakat Malang, namun baru sekaranglah lebih dikenal masyarakat lokal bahkan mancanegara. Khusus di Malang sering diadakan pergelaran hampir setiap perayaan hari besar baik keagamaan maupun peringatan hari kemerdekaan. 

sumber : wikipedia.org


MAKANAN 
Pasti pada ngilerrr kalau lihat foto bakso ini :p
Makanan di Kota Malang yang sangat populer sampai seluruh Indonesia saat ini adalah "BAKSO". Siapa yang tidak mengenal BAKSO?? Tentu saja seluruh Nusantara mengenal makanan yang sangat enak sekali ini ! Dan saya yakin tidak ada satupun orang yang tidak pernah makan bakso, apalagi yang tinggal di Malang sendiri. ^_^V 

Berbagai macam penjual bakso di kota Malang sangatlah bersaing. Yang baksonya tidak enak sudah jelas sepi pembeli maupun pengunjung. Bakso enak harga mahal merupakan hal biasa. Tapi hati-hatilah, karena tidak selalu bakso mahal itu enak rasanya. Beberapa waktu lalu saya sempat merasakan hal tersebut. Saya membeli bakso di pinggiran alun-alun kota. Saya merasakan bakso yang kurang enak rasanya dan harus mengeluarkan uang sampai Rp 15.000,- (*curhat cyynn). 

Saya punya rekomendasi bakso enak di kota Malang yang tentunya sudah pernah saya coba satu per satu dan wajib Anda coba saat berkunjung di kota kelahiran saya ini.
  1. Bakso Solo 
  2. Bakso Sudi Mampir "Sukun" (Kalau tidak salah namanya itu)
  3. Bakso President (paling banyak dikunjungi selebritis)
  4. Bakso Cak Man
  5. Bakso Gong
Sebenarnya adapula penjual bakso yang menggunakan gerobak atau sepeda motor yang menjual bakso dengan harga yang relatif murah dan enak. Tapi masalahnya satu, yaitu saya tidak mampu menjelaskannya satu per satu di sini. Rekomendasi saya di atas adalah penjual bakso yang membuka gerai dan menetap di suatu tempat bahkan membuka cabang di mana-mana. 
Mungkin Anda punya rekomendasi bakso di tempat lain di kota Malang yang lebih enak, silahkan share di bawah post ini ya :) 

CIRI KHAS
Cukup banyak ciri khas yang dimiliki kota Malang. Di sini, saya akan memberitahu tentang gelar yang telah disandang oleh kota Malang. Gelar tersebutlah yang akan menjadi ciri khas kota Malang. 
 
1. Paris of Java Karena kondisi alamnya yang indah, iklimnya yang sejuk dan kotanya yang bersih, bagaikan kota PARIS nya Jawa Timur.
2. Kota Pesiar
Kondisi alam yang elok menawan, bersih, sejuk, tenang dan fasilitas wisata yang memadai merupakan ciri-ciri sebuahkota tempat berlibur
3. Kota Peristirahatan
SuasanaKota yang damai sangat sesuai untuk beristirahan, terutama bagi orang dari luarkotaMalang, baik sebagai turis maupun dalam rangka mengunjungi keluarga/famili.
4. Kota Pendidikan
Situasikota yang tenang, penduduknya ramah, harga makanan yang relatif murah dan fasilitas pendidikan yang memadai sangat cocok untuk belajar/menempuh pendidikan.
5. Kota Militer
Terpilih sebagaikota Kesatrian. Di Kota Malang ini didirikan tempat pelatihan militer, asrama dan mess perwira disekitar lapangan Rampal., dan pada jaman Jepang dibangun lapangan terbang Sundeng di kawasan Perumnas sekarang.
6 Kota Sejarah
Sebagaikota yang menyimpan misteri embrio tumbuhnya kerajaan-kerajaan besar, seperti Singosari,Kediri, Mojopahit, Demak dan Mataram. Di Kota Malang juga terukir awal kemerdekaan Republik bahkan Kota Malang tercatat masuk nominasi akan dijadikan Ibukota Negara RepublikIndonesia.
7. Kota Bunga
Cita-cita yang merebak dihati setiap wargakota senantiasa menyemarakkan sudutkota dan tiap jengkal tanah warga dengan warna warni bunga.
sumber : Karakteristik kota Malang

SEKIAN ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar